Dinas Koperasi Buka Layanan Gratis Urus Induk Koperasi di PRSU

Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Provinsi Sumatera Utrara (Sumut) menawarkan pelayanan usaha gratis, konsultasi bisnis, dan penerbitan izin usaha seperti Nomor Induk Berusaha (NIB) kepada para UMKM.

topmetro.news – Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Provinsi Sumatera Utrara (Sumut) menawarkan pelayanan usaha gratis, konsultasi bisnis, dan penerbitan izin usaha seperti Nomor Induk Berusaha (NIB) kepada para UMKM.

“Kami juga memberikan pendampingan legalitas usaha. Seperti izin Produk Industri Rumah Tangga (PIRT), Label Halal, HAKI dan sebagainya,” kata Kasi Layanan Usaha di UPT Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Dinas Koperasi Provinsi Sumut, Donda Chrys Sary Samosir, saat berbincang di stand PRSU, Kamis (22/6/2023).

Perempuan yang akrab dengan sapaan Sary Samosir ini menuturkan, untuk melakukan pengurusan ini cukup dengan syarat yang mudah yakni memiliki usaha. “Selanjutnya bisa melampirkan NIK, nomor handphone, dan juga email. Hanya itu saja,” sebut Sary.

Selanjutnya, setelah data ini diberikan kepada penyuluh UMKM akan memberikan beberapa syarat data untuk diisi pada UMKM langsung secara online melalui Sistem Online Single Submission (OSS). Setelah itu para UMKM yang mendaftar akan mendapat email dari OSS dapan mendapatkan username dan pasword. Setelahnya baru bisa login ke OSS.

“Dan, ini memang khusus mereka yang sudah memiliki usaha. Supaya tidak menyalahgunakan legalitas dan jangan sampai salah dalam hal penempatan legalitas. Karena saat ini banyak orang melegalkan segala macam bentuk izin-izin yang belum tentu sah,” ungkapnya.

Untuk bisa mendaftar NIB ini berlaku pada semua jenis usaha. Baik perdagangan, perikanan, peternakan, atau perkebunan. Lalu juga untuk industri atau untuk ‘handycraft’ untuk kuliner, fashion, obat-obatan herbal atau kosmetik.

“Proses mendaftar ini enggak lama. Gak sampai memakan waktu setengah jam. Kita hanya perlu meminta UMKM mengisi data-data persyaratan yang telah ditentukan,” terangnya.

Andaliman

Selain memberikan penawaran tersebut di stand milik Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sumatera Utara juga mempromosikan produk unggul Sumut. Ada fashion, makanan, handycraft, kemudian wastra.

“Produk yang paling lokal kita ada sambal andaliman. Ada yang campur teri dan ada yang cumi. Kita tahu andaliman ini bahan yang sering dipakai masyarakat Batak. Biasanya untuk masak daging atau ikan mas arsik. Rasanya pedas pedas getir tapi enak. Di sini kita pamerkan yang buatan asal Deliserdang kita juga sering jadikan sambal. Andaliman ini untuk souvenir tamu Bapak Gubernur dan Bapak Wakil Gubernur dan lainnya,” tukasnya.

penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment